Jumat, 24 Oktober 2014

Hari gini blum Move On ? n____n



Di momen tahun baru ini, saya coba merenung tentang sebagian hakikat hijrah. Bisa benar-bisa salah. Mohon dikoreksi ya kalau salah
Hasil perenungan saya menyimpulkan bahwa ketidaksiapan kita untuk melakukan perubahan khususnya perubahan ke arah kebaikan, atau sekedar mengurangi kebiasaan buruk dan memperbanyak kebiasaan baik, sadar atau tidak kadang disebabkan karena kita merasa nyaman dengan keburukan yang kita jalani. Bahkan dalam presepsi kita mungkin sudah terbentuk bahwa keburukan yang kita jalani bukanlah suatu keburukan, karena kita sudah menjalaninya dalam waktu yang lama, dan keburukan tersebut juga dilakukan oleh kebanyakan orang.
Bukankah suatu keburukan jika dilakukan berulang-ulang oleh banyak orang termasuk kita akhirnya akan dengan sendirinya membentuk presepsi kita bahwa itu adalah hal yang biasa? bahkan mungkin kita sampai menganggap baik keburukan yang kita lakukan. Inilah salah satu target ghozul fikri (perang pemikiran) yang terus secara sengaja diciptakan para sekularis maupun liberalis untuk menjauhkan kita dari nilai-nilai Islam, membuat kita memandang baik keburukan yang kita lakukan.
Ini yang kadang membuat kita sulit berhijrah dari kebiasaan buruk menuju kebiasaan baik. Sulit untuk berubah menjadi lebih baik lagi, walaupun sebenarnya ada keinginan untuk berubah, tapi seolah ada sesuatu yang menahan kita untuk melakukan perubahan tersebut.
Akhirnya saya coba cari-cari ayat tentang hijrah. Ada 27 ayat (mungkin lebih) yang membicarakan tentang hijrah.
Dan ternyata... WOW!
Allah SWT memberikan ganjaran yang sangat dahsyat kepada siapa pun yang berhijrah mulai dari ganjaran mendapatkan ridha Allah, rahmatNya, ampunanNya, kemenangan, pertolonganNya, tempat yang bagus & luas, pahala, rezeki yang melimpah, hingga syurga yang di bawahnya mengalir sungai-sungai. Subhanallah!
Berikut saya list beberapa di antara ayat hijrah yang saya temui. Semoga dengan ini membuat kita semakin semangat untuk berhijrah dan memperbaiki diri. Silakan di share ya
Selamat Tahun Baru 1 Muharram 1436 Hijriyah
Selamat berhijrah, selamat menjadi pribadi yang lebih baik lagi
***************
"Sesungguhnya orang-orang yang beriman, orang-orang yang berhijrah dan berjihad di jalan Allah, mereka itu mengharapkan rahmat Allah, dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang". (Al-Baqarah: 218)
"Barangsiapa berhijrah di jalan Allah, niscaya mereka mendapati di muka bumi ini tempat hijrah yang luas dan rizki yang banyak" (An-Nisaa : 100)
"Maka orang-orang yang berhijrah, yang diusir dari kampung halamannya, yang disakiti pada jalan-Ku, yang berperang dan yang dibunuh, pastilah akan Ku-hapuskan kesalahan-kesalahan mereka dan pastilah Aku masukkan mereka ke dalam surga yang mengalir sungai-sungai di bawahnya, sebagai pahala di sisi Allah. Dan Allah pada sisi-Nya pahala yang baik." (Ali Imran: 195)
"Dan orang-orang yang berhijrah di jalan Allah, kemudian mereka di bunuh atau mati, benar-benar Allah akan memberikan kepada mereka rezki yang baik (surga). Dan sesungguhnya Allah adalah sebaik-baik pemberi rezki." (Al Hajj: 58)
"Dan orang-orang yang berhijrah karena Allah sesudah mereka dianiaya, pasti Kami akan memberikan tempat yang bagus kepada mereka di dunia. Dan sesungguhnya pahala di akhirat adalah lebih besar, kalau mereka mengetahui." (An Nahl: 41)
"Orang-orang yang beriman dan berhijrah serta berjihad (berjuang bersungguh-sungguh) di jalan Allah dengan harta, benda dan diri mereka, adalah lebih tinggi derajatnya di sisi Allah; dan itulah orang-orang yang mendapat kemenangan. Tuhan mereka menggembirakan mereka dengan memberikan rahmat dari padaNya, keridhaan dan surga, mereka memperoleh didalamnya kesenangan yang kekal" (At Taubah: 20-21)
"Dan ingatlah (hai para muhajirin) ketika kamu masih berjumlah sedikit, lagi tertindas di muka bumi (Mekah), kamu takut orang-orang (Mekah) akan menculik kamu, maka Allah memberi kamu tempat menetap (Madinah) dan dijadikan-Nya kamu kuat dengan pertolongan-Nya dan diberi-Nya kamu rezeki dari yang baik-baik agar kamu bersyukur." (Al Anfaal: 26)
"Dan sesungguhnya Tuhanmu (pelindung) bagi orang-orang yang berhijrah sesudah menderita cobaan, kemudian mereka berjihad dan sabar; sesungguhnya Tuhanmu sesudah itu benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." (An Nahl: 110)
"Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan berhijrah serta berjihad dengan harta dan jiwanya pada jalan Allah dan orang-orang yang memberikan tempat kediaman dan pertoIongan (kepada orang-orang muhajirin), mereka itu satu sama lain lindung-melindungi" (Al Anfaal: 72)
"Dan orang-orang yang beriman dan berhijrah serta berjihad pada jalan Allah, dan orang-orang yang memberi tempat kediaman dan memberi pertolongan (kepada orang-orang muhajirin), mereka itulah orang-orang yang benar-benar beriman. Mereka memperoleh ampunan dan rezki (nikmat) yang mulia." (Al Anfaal: 74)
"Orang-orang yang terdahulu lagi yang pertama-tama (masuk Islam) dari golongan muhajirin dan anshar dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik, Allah ridha kepada mereka dan merekapun ridha kepada Allah dan Allah menyediakan bagi mereka surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya selama-lamanya. Mereka kekal di dalamnya. Itulah kemenangan yang besar." (At Taubah: 100)

dari Roni Akmal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar